Tuesday, August 20, 2013

Membaca dan menulis...

Menjadi seorang pembaca, buku apa saja, terkadang menciptakan harapan atau sekadar angan yang mungkin tercetus dalam satu lenguhan pendek, "Ih, gue juga bisa kali kalau nulis kayak buku ini." Lalu, apakah itu hanya akan sampai di situ saja? Tentu, kalau angan dibiarkan hanya sebatas angan. Jika ingin semua menjadi nyata, maka 'nyatakanlah'. Dengan apa? Dengan menulis, tentu saja.

gambar dari sini: http://cinikironk.blogspot.com
Dengan menulis pula, mungkin akan membangkitkan empati kita pada pengarang yang sebelumnya kita caci-maki karena tulisannya yang enggak banget. Merasai pengalaman menulis sendiri akan menerbitkan kesadaran bahwa pernyataan, "menulis itu tidak gampang", mungkin ada benarnya. Well, paling tidak bagi orang yang tak pernah mencoba menulis, ya?

Seperti saya, misalnya. Dari ratusan buku yang sudah saya baca, sering saya merasa ditipu habis-habisan jika menemukan buku yang enggak banget buat saya, lalu menghamburkan sumpah serapah hingga dengan pongah bilang, "GUE JUGA BISA KALO CUMAN NULIS KAYAK GINIAN KALEEE" --sengaja kapital. Lalu, dengan tega saya memberikan rating rendah untuk buku itu. Namun demikian, buat saya, tetap ada dua sisi yang berbeda sebagai pembaca dan sebagai penulis. Saya tak setuju jika ada yang bilang, "Nggak usah ngomentarin negatif sebuah buku kalo lo gak pernah nulis buku." Itu... sebuah pemikiran yang, hmm, aneh buat saya. Ya, kalau semua orang harus menulis dulu untuk membaca sebuah buku, apakah ada keyakinan orang mau membaca buku, sedangkan ia berharap ada orang lain yang membaca buku hasil tulisannya? Kan jadi saling berebut menulis dan membangga-banggakan tulisannya sendiri, bukan?

Haduhh, kalimat artikel pembuka saya ini kok berbelit-belit. Baiklah... saya sebenarnya tidak sedang berceramah atau apa. Saya hanya sedang ingin menyemangati diri sendiri bahwa saya yang seorang pembaca ini juga punya kesempatan untuk menulis. Termasuk tweemans semuanya. Nah, blog ini akan saya khususkan untuk memublikasikan karya pribadi atau karya tweemans yang diikutkan dalam kuis atau lomba yang saya adakan.

Selamat membaca... dan menulis.

xoxo
@fiksimetropop

0 Comments:

Post a Comment